Saturday, January 26, 2013

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Didirikan pada tahun 1991, Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu Taman Laut pertama di Indonesia. Taman laut Bunaken didaftarkan ke UNESCO pada tahun 2005 dan dijadikan salah satu Situs Warisan Dunia. Taman Bunaken terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia, meliputi padang rumput laut, terumbu karang dan ekosistem pantai.


Taman nasional ini didirikan pada tahun 1991 dan meliputi wilayah seluas 890.65 km². 97% dari taman nasional ini merupakan habitat laut, sementara 3% sisanya merupakan daratan, meliputi lima pulau: Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Naen dan Siladen.

Di wilayah ini, terdapat 22 desa dengan jumlah penduduk sekitar 35.000 jiwa. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai nelayan atau petani kelapa, ubi jalar, pisang dan rumput laut untuk diekspor, sementara sebagian lainnya bekerja sebagai pemandu, pekerja di cottagedan nahkoda kapal.

Pariwisata di wilayah ini terus dikembangkan. Antara tahun 2003 hingga 2006, jumlah pengunjung di Taman Nasional Bunaken mencapai 32.000 hingga 39.000 jiwa, dengan 8-10.000 diantaranya merupakan turis asing.

Melalui usaha oleh Pemerintah Indonesia dan bantuan dari UNESCO, kerusakan alam di Bunaken dan penangkapan ikan dengan bom berhasil dikurangi.

Sumber: Wikipedia







No comments:

Post a Comment

Indonesia Flag Orb