Sunday, January 27, 2013

Rendang

Rendang (bahasa Minang: Randang) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau. Masakan dengan citarasa yang pedas ini digemari oleh seluruh kalangan masyarakat, dan dapat ditemukan di seluruh Rumah Makan Padang di Indonesia, Malaysia, ataupun di negara lainnya. Rendang sempat dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia pada acara yang digelar oleh CNN International tahun 2011.

Rendang adalah masakan yang mengandung bumbu rempah yang kaya. Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado)
, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak. Keunikan rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu alami, yang bersifat antiseptik dan membunuh bakteri patogen sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas antimikroba yang kuat. Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu.

Proses memasak rendang asli dapat menghabiskan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam). Potongan daging dimasak bersama bumbu dan santan dalam panas api yang tepat, diaduk pelan-pelan hingga santan dan bumbu terserap daging. Setelah mendidih, apinya dikecilkan dan terus diaduk hingga santan mengental dan menjadi kering. Memasak rendang harus sabar dan telaten ditunggui, senantiasa dengan hati-hati dibolak-balik agar santan mengering dan bumbu terserap sempurna, tanpa menghanguskan atau menghancurkan daging. Proses memasak ini dikenal dalam seni kuliner modern dengan istilah 'karamelisasi'. Karena menggunakan banyak jenis bumbu, rendang dikenal memiliki citarasa yang kompleks dan unik.

Rendang dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu Gulai, Rendang Basah atau Kalio, dan Rendang Sejati (yang berasal asli dari Minangkabau). Renand sendiri memiliki berbagai variasi, tergantung dari jenis daging yang digunakan walaupun umumnya Rendang menggunakan daging sapi. Beberapa variasi tersebut adalah: Rendang Ayam, Rendang Hati, Rendang Ikan Tongkil, Rendang Bebek, dan Rendang Telur khas Payukumbuh.

Sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia

Rendang Sapi
Rendang Hati Sapi

No comments:

Post a Comment

Indonesia Flag Orb