Saturday, January 26, 2013

Sate


Sate atau satai (dibaca SAH-TAY) adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, ikan, dan lain-lain. Sate juga biasanya disirami saus, yang paling sering digunakan adalah saus kacang. Sate biasanya dimakan bersama nasi hangat atau lontong atau ketupat.


Sate diduga diciptakan oleh para pedangang makanan Jawa pada abad ke-19. Istilah Sate sendiri diduga berasala dari Bahasa Tamil. Penyebaran Sate ke seluruh Nusantara telah menghasilkan berbagai variasi Sate. Setelah itu Sate juga dibawa oleh para perantau Indonesia ke Thailand, Malaysia, dan Singapura. Bahkan Sate juga terbawa sampai ke Afrika Selatan. Orang Belanda juga membawa resep Sate ini kembali ke negaranya saat meninggalkan Indonesia.

Ada banyak resep sate yang ada di dunia. Akan tetapi secara garis besarnya resep sate adalah sebagai berikut. Kunyit atau kecap manis adalah salah satu bumbu penting untuk membumbui daging sate dan memberikan warna. Daging sate sendiri banyak ragamnya, misalnya daging kambing, ayam, sapi, domba, babi, ikan, udang, cumi-cumi, kelinci,telur puyuh atau jeroan. Beberapa daging adalah daging eksotik yang kurang lazim, seperti daging kura-kura, bulus, buaya, kuda, kadal, dan ular. Daging yang sudah ditusuki dan diberi bumbu baluran rendaman ini, kemudian dipanggang dalam bara api arang hingga matang.
Sate dapat disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis, disertai potongan bawang merah dan mentimun. Disajikan dengan nasi putih panas, ketupat, atau lontong. Sate babi biasanya menggunakan saus berbahan dasar nanas, atau kecap manis.

Di Indonesia sendiri ada beragam resep Sate, tergantung dari daerah asalnya dan daging yang digunakan, seperti Sate Madura, Sate Tegal, Sate Ponogoro, Sate Blora, Sate Banjar, Sate Padang, Sate Kelapa, Sate Bekicot, Sate Kuda dan lainnya. Di Singapura, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Thailand juga tersedia berbagai resep Sate.

Sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia
Sate Ayam Ponorogo

Pedagang Sate di Jawa abad-19

Sata Padang dengan Sambal Kuning

Sate Kuda Yogyakarta
Sate Telur Puyuh dan Sate Usus
Sate Ayam Belanda


No comments:

Post a Comment

Indonesia Flag Orb